Nyit.Nyit3. Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 12 Oktober 2012

Sistem Operasi Linux

Saya yakin, anda semua pasti udah kenal dengan makanan yang bernama Linux ^_^ Tetapi mungkin anda belum merasakan untuk memakannya hehehehehehe…..Ok!! Nggak apa-apa yah kalau saya jelasin dikit tentang Linux…

Linux merupakan sebuah sistem operasi yang sifatnya open source. Udh tau istilah Open Source?? Open source artinya bisa di otak-atik sesuai keinginan kita. Jadi maksudnya hampir semua aplikasi di linux bisa kita kembangkan sendiri fungsinya sesuai keinginan kita (asalkan Anda ngerti bahasa pemograman). Tidak seperti aplikasi windows yang sering kita pakai saat ini yang kebanyakan sudah berlisensi (Seperti contohnya MS.word). Jadi nggak bisa diotak-atik, cuma bisa dipergunakan aja.

Kenapa saya di sini menggunakan kata SELINGKUH, karena Kabar bagus buat anda yang kreatif, he-he... anda bisa menginstal sistem operasi tersebut tanpa harus mencabut sistem operasi windows di PC ataupun Laptop kesayangan anda. Ibarat 1 rumah punya dua istri, di sini 1 Laptop ada 2 OS hahahahahaha…….

Ditambah lagi, ada yang namanya Fasilitas Live CD...

Apa itu Live CD??

Di sini maksudnya anda nggak harus mempartisi hardisk buat tempatin linux. Anda bisa coba dulu linux dari CD atau USB, kalo anda merasa cocok dengan linux, ya tinggal instal ke hardisk. Klo ga cocok, ya nggak apa-apa, kan OS nya masih ad di CD/USB. Jadi nggak perlu khawatir windows anda bakal cemburu selama pemakaian linux, karena kamar nya terpisah.. hehehehehe

Sampai yang saya tau dari tabloid komputer. Versi Linux sudah mencapai 11.10 dengan kode nama Oneiric Ocelot. Terdapat empat fitur utama baru yang ada di Linux baru ini. Yakni

  • Ubuntu Software Center
  • System Setting
  • Backup
  • The Dash
Sekarang saya akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana menginstal Linux dengan aplikasi Wubi. Kelebihan kalo instal Linux pake Wubi adalah proses instalasi nya menjadi semudah menginstal software windows lainnya. Anda yang sebelum nya pake windows nggak perlu di uninstal windows nya (kan kita bisa bikin dual booting), Jadi nggak perlu mesti atur bios dulu, langsung aja instal seperti double klik, trus Next-Next-Next. Jadi lebih simpel. Dan kalo suatu saat anda pengen uninstal Linux nya, bisa dari windows juga. Saya jamin deh proses instal dengan wubi jadi gampang banget, bahkan untuk anda yang masih awam tentang linux sekalipun.


Yang pertama Anda siapkan adalah software wubinya, nanti anda tinggal download aja di bagian bawah artikel ini. Setelah di download, download pula OS Linux nya, Anda bisa mendownload Linux 11.10 juga di bagian bawah artikel ini.
  • Untuk proses instalasinya silahkan double klik wubi,
  • Tentukan tempat penginstalan linux nya, dalam contoh ini saya memilih drive D.
  • Setelah semua pengaturan selesai proses instalasi akan segera berjalan.

Sebelumnya saya mohon maaf karena nggak bisa menjelaskan secara detail prosesnya karena saya yakin anda semua tidak akan kesulitan menginstal Linux menggunakan Wubi karena proses gampang bangetttt…..semudah nginstal software pada umumnya.

Link Download Linux






Link Download Wubi.exe

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by nyitnyit3 | Bloggerized by nyitnyit3 | Tutorial Blogspot, dan Informasi Internet